Berhasil Jalankan Program,Koprasi TKBM Panjang Raih Piagam Penghargaan


Mediafakta.id,Bandarlampung
-Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Panjang mendapatkan penghargaan dari induk koperasi (Inkop) TKBM di Jakarta,yang langsung diterima oleh Ketua Koperasi TKBM Agus Sujatma Surnada,bersama wakil Ketua Jolly Sanggam,dalam acara rapat anggota tahunan (RAT) Inkop,pada Selasa (25/06/2024).

Usai menerima penghargaan, Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, Lampung Agus Sujatma menjelaskan, bahwa penghargaan yang diterima pihaknya semua berkat kerja sama pengurus dan kekompakan semua anggota sehingga koperasi menerima penghargaan dua penghargaan sekaligus dari Inkop.


"Ya Alhamdulillah syukur,Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang Lampung, mendapatkan 2 piagam penghargaan dari katagori peningkatan SDM anggota dengan mengirimkan Diklat, dan penghargaan yang kedua koperasi kami telah menjalankan Peraturan Menteri Koperasi no 6 tahun 2023 , tentang Pelaksanaan Pengelolaan  terpadu Usaha Mikro dan usaha kecil ,dan pemberian berupa rumah kepada anggota tanpa harus membayar,"kata Agus Sujatma.

Diketahui,RAT inkop TKBM Pelabuhan Tahun Buku 2023 dengan tema"Dengan SDM yang profesional handal di sertai sertifikasi kompetensi siap menghadapi perkembangan modernisasi digitalisasi kegiatan bongkar muat di wilayah Pelabuhan Indonesia.Di kegiatan RAT Induk Koperasi TKBM memberikan penghargaan kepada beberapa Koperasi Pelabuhan yang di nilai telah berhasil melakukan moderenisasi dan meningkatkan kesejahteraan anggota Koperasi TKBM.


Selain itu, Agus Sujatma memaparkan bahwasanya Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang Lampung telah membangun 580 unit rumah.untuk para anggota Koperasi TKBM. "Alhamdulillah dari sisi peningkatan SDM teman-teman pekerja di Pelabuhan Panjang Lampung kita sudah mulai tingkat kan dengan mengikuti beberapa pelatihan dan diklat, selain itu koperasi kami adakan program pembangunan 1000 unit perumahan dan juga akan membangun klinik kesehatan untuk anggota Koperasi,"paparnya.

Agus menjelaskan, untuk buruh yang ada di Pelabuhan Panjang, 1.121 anggota dan penghargaan itu merupakan suatu kebanggaan koprasi Pelabuhan panjang Lampung mendapatkan 2 penghargaan di RAT.

“Selanjutnya,kita akan meneruskan program-program TKBM yang bersentuhan dengan langsung dengan buruh, semoga kedepan, bisa lebih baik lagi, salah satunya adalah merencanakan pembangun klinik pengobatan gratis untuk anggota dan  keluarganya,” ujarnya. 

Lebih lanjut Agus mengaku, saat ini pihaknya juga tengah berjalan program beasiswa pendidikan yang bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Wilayah Lampung  mulai dari SD sampai perguruan tinggi untuk anak-anak anggota TKBM.

“Dan sudah ratusan anak-anak anggota yang sudah mendapatkan beasiswa pendidikan sarjana,” jelasnya.

Oleh karena itu, Agus Sujatma berharap, apa yang telah diraihnya bersama tema TKBM pelabuhan Panjang Lampung, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi Koprasi TKBM seluruh Indonesia untuk meningkatkan management yang bisa mensejahterakan para anggotanya.

“Penghargaan yang terpenting adalah dari para anggota koperasi di masing-masing Pelabuhan, karena penghargaan dan kepercayaan anggota kepada pengurus adalah suatu hal yang sangat penting,”tandasnya.(*/rls)

Posting Komentar

0 Komentar