Menjelang Idhul Adha,Disnak Pesawaran Meriksa Hewan Kurban




Mediafakta.id,Pesawaran l Lampung -
Menjelang Idhul Adha Dinas Peternakan Kabupaten Pesawaran turun Ke lapangan guna memeriksa langsung hewan kurban yang siap di jual oleh pedagang, Kegiatan berlangsung di Jalan Ahmad Yani, Desa Sukaraja, Kecamatan Gedong Tataan, kabupaten Pesawaran, Rabu (12/06/2024).

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pesawaran,Dedi Noviansyah mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah memeriksa hewan kurban yang siap untuk di jual oleh pedagang.

"Kita ada tim dokter hewan dan lain lain, kita juga   memantau segi kesehatannya. Kalau penyakit yang lain belum ketauan karena kita lagi memantau penyakit SLI dan PMK.Daat ini kami belum menemukan penyakit SLI dan PMK karena sebelumnya kami sudah melakukan vaksinasi dan monitoring,"katanya

Sedangkan, Lanjut Dedi hewan kurban dari daerah lain yang hendak masuk ke Kabupaten Pesawaran harus di periksa terlebih dahulu.

" Jika masyarakat membeli hewan kurban dari kabupaten lain harus di lihat terlebih dahulu surat SKKH nya Untuk di lihat layak atau tidak layak untuk di Kurbankan," Ucapnya 

Balai veteriner Lampung, dokter hewan Arie Khoiriah  menyampaikan, dalam memeriksa hewan kurban sehat atau tidaknya, pihaknya melihat dari segi fisiknya saja.

"Kita melihat dari badannya,matanya kalau matanya harus bening kalau tidak bening ada masalah di situ, hidungnya lembab atau kering,jika lembab berarti normal,"Ujarnya

Selanjutnya wanita berhijab ini menjelaskan, memeriksa di bagian tubuh hewan yang lain.

"Kami juga memeriksa tempat buang kotorannya bersih atau tidak jika tidak bersih terindikasi kena diare. Kita juga melihat dari umur kita lihat giginya poel (copot/atau Ganti gigi) dan melihat dari kelaminnya kalau jantan kan ada yang tidak normal dari tetisnya kemudian dari bulu kalau bulunya mengkilat berarti sehat,"Tutup Khoiriah (Ali/Ydn)

Posting Komentar

0 Komentar