Mutholib : Butuh Kerjasama Semua Pihak Untuk Akurasi Data Pemilu 


Mediafakta.id,Pesawaran
-Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu ) Kabupaten Pesawaran menyatakan kunci sukses akurasi data pemilu  butuh kerjasama semua pihak.

Hal ini di tegaskan oleh Kordiv Pencegahan,Parmas & Humas Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Mutholib saat memberikan materi pada Rakor Persiapan Pantarlih Pemilih Kepala Daerah Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Pesawaran di Hotel Emersia Kota Bandar Lampung, Jum'at (14/06/2024).

Menurut Mutholib dalam tahapan mutarlih bawaslu dalam pengawasan merujuk pada SE. No .80. Tahun. 2024 trang Pencegahan pelanggan pemutakhiran data pemilih.

"Ya,kami bawaslu mengingatkan secara teknis ia yakin KPU sudah sangat proper untuk melaksanakan perekrutan Pantarlih,"jelasnya. 

“Secara teknis itu bukan hal yang baru lagi bagi teman-teman KPU dan jajaran untuk perekrutan Pantarlih.PIC (Person in Charge) di situ kan nantinya teman-teman Panitia Pemungutan Suara (PPS), sementara kalau kita melihat konfigurasi PPS di jajaran KPU itu sebagian besar lebih banyak yang lama ini tinggal kolaborasi saja dengan teman2 pengawas adhoc,” ucap Mutholib.

Jadi menurut Mutholib,kalau PPS yang lama pasti sudah tau persis bagaimana tata caranya. Patuhi saja edaran Petunjuk Teknis (Juknis) 632, di situ secara teknis tidak akan ada masalah dan yang baru2 langsung update diri untuk menguatkan kapasitas pengetahuan.

“Tapi satu yang saya ingatkan tadi, hati-hati betul untuk merekrut Pantarlih, jangan sampai mereka itu ada kaitannya dengan partai atau berkaitan dengan tim kampanye atau kaitan dengan tim sukses, di tahapan ini untuk potensu pelanggaran administratif tinggi” jelasnya. 

Kembali dirinya menegaskan bahwa kunci sukses akurasi data pemilu ini butuh kerjasama semua pihak bukan semata tugas penyelenggara pemilu saja,dinamika Pilkada ini tinggi.

"Jangan sampai hanya karena beberapa Pantarlih yang terindikasi tidak netral, kemudian di generalisir sebagian besar Pantarlih itu begitu,"jelasnya.

"Secara kelembagaan melalui surat imbaua kita sudah ingatkan kepada teman-teman,dimana ada banyak batasan untuk pengecekan.Pertama di Sipol (Sistem Informasi Partai Politik),kemudian teman-teman PPS juga boleh berkoordinasi dengan pengurus ranting atau pengurus partai di setiap kelurahan.,”pungkasnya (Ali/ydn).

Posting Komentar

0 Komentar